Pada awalnya, Nubuck dibuat dari kulit rusa dan tidak begitu menemui banyak keberhasilan. Hingga, Duke of Windsor melakukan perjalanan kerajaan ke Amerika Serikat dengan menggunakan Oxfords yang terbuat dari Nubuck. Seiring berkembangnya zaman material Nubuck-pun mulai berkembang dan menggunakan berbagai kulit binatang selain rusa. 

Jika dilihat sekilas, Nubuck terlihat seperti Suede. Namun, pada dasarnya kedua bahan tersebut memiliki perbedaan dalam proses pembuatannya. Nubuck merupakan kulit binatang bagian luar yang dihaluskan sehingga mirip dengan suede. Sepatu dengan material Nubuck relatif lebih kuat baik jahitan maupun ketahanannya, jika dibandingkan sepatu dengan jenis kulit Suede. Kulit jenis Nubuck, memiliki perawatan khusus. Karena mudah meninggalkan bekas jika tergores. Penting untuk memilih sikat yang tepat. Sepatu dari bahan Nubuck, tidak memerlukan sinar matahari atau bahkan tidak boleh terkena sinar matahari langsung. Maka sangat disarankan jika kamu ingin membeli sepatu Nubuck, belilah paket perawatannya juga.

Kulit Nubuck harus dibersihkan setiap kali setelah kamu memakainya. Bersihkan dengan kemucing, penghisap debu, atau selotip yang di tap di permukaannya. Sangat tidak disarankan jika kamu membersihkannya dengan mengelap permukaannya. Karena, itu mengakibatkan debu akan semakin menyebar ke seluruh permukaan Nubuck.

Hal yang perlu kamu perhatikan memang banyak sekali saat mempunyai sepatu Nubuck. Jika kamu memang penyuka kulit mungkin kamu tidak akan memikirkan kerumitan dalam merawat Nubuck. Karena, tampilan dari sepatu berbahan Nubuck memang eksklusif dan sangat fashionable, karena terbilang bukan sepatu yang murah. Meski membutuhkan perhatian khusus, sepatu ini juga mampu memberikan efek yang setara.

Author : Fitri

Spread the love