Sepatu adalah salah satu hal penting yang memainkan peran penting pada penampilanmu. Jadi, jika kamu ingin terlihat stylish kamu harus benar-benar dapat memilih sepatu yang tepat. Lucky you, kali ini Ekuator membagikan tips yang bisa membuat kamu terlihat stylish baik casual ataupun tampilan ala Red carpet. Berikut enam sepatu yang wajib kamu punya sebagai penunjang penampilanmu.

Brogue

Meski sepatu brogue dulu lebih bermanfaat dibandingkan penggunaanya sekarang. Brogue saat ini juga memainkan peran penting di dunia dress shoes. Nama “brogue” sendiri berasal dari bahasa Irlandia Kuno “bróg” yang akarnya berasal dari bahasa Norwegia Kuno yaitu “brók” yang berarti penutup kaki. 

Lubang-lubang dan perforasi pada brogues awalnya ada untuk membantu mengalirkan air setelah melintasi rawa dan rawa di Irlandia yang berlumpur. Namun, kini brogue sudah menjadi sepatu yang banyak dipakai oleh pria. 

Supaya mudah untuk mempadukan brogue dengan koleksi pakaianmu, disarankan untuk memilih brogue kulit berwarna cokelat. Beragam warna cokelat brogue yang ada, cukup cocok dengan pakaian warna apa saja untuk menciptakan gaya smart formal hingga smart-casual. 

Jika kamu ingin berpenampilan semi formal, jenis sepatu brown wingtip brogue cocok untuk penampilan tersebut. Gunakan kemeja button-down warna putih dan celana jeans denim gelap yang digulung ujung kakinya untuk kesan kasual dan nyaman.

Chukka

Dalam beberapa tahun terakhir chukka mendapatkan lagi popularitasnya. Setelah pertama kali menjadi populer di tahun 40-an. Sepatu ini merupakan sepatu bot minimal, round-toe, dan setinggi pergelangan kaki dengan hanya dua atau tiga tali pengait. 

Secara tradisional hanya menampilkan dua panel, desainnya tidak begitu mengacu pada hiasan. Sepasang chukka biasa mengandalkan tekstur material sepatu untuk berbicara.

Ekuator sarankan untuk memilih chukka cokelat atau krem ​​suede sebagai penunjang tampilanmu selanjutnya. Padukan chukka dengan celana jeanns atau celana chino dan kemeja polo untuk penampilan terbaikmu. Chukka merupakan pilihan tepat untuk kamu yang ingin tampilan casual. Karena, chukka merupakan alternatif untuk sepatu kets. 

Boots

Boots ternyata telah dipakai manusia sekitar tahun 1000 SM. Salah satu jenis boot yang kita kenal yaitu ankle boot, yang menutupi hingga mata kaki, dan terbuat dari kulit halus masuk ke Tiongkok, India, dan Rusia sekitar tahun 1200 hingga 1500 oleh para pasukan Mongol.

Sulit untuk menentukan satu gaya sepatu boots kulit pria sebagai must have item. Karena sangat bervariasi sehingga orang bisa tertarik dan semakin sering membeli-boot.

Sepatu boot yang ideal biasanya sepatu dengan delapan pasang lubang tali. Sepatu ini cocok dipakai saat kerja atau acara formal, maupun saat weekend dengan casual look yang disertai dengan t-shirt dan jeans. 

Hal yang hebat tentang Leather boots adalah dengan pemakaian yang terus menerus, sepatu tersebut akan menunjukkan kisahnya. Meskipun kami tidak menyarankan mengenakan sepatu bot yang berantakan dan tertutup lumpur, sepasang sepatu boots yang sudah usang memiliki karakter mereka sendiri.

Loafers

Loafers awalnya jenis sepatu yang didesain atas pesanan Raja George VI sebagai sepatu rumah, sepatu ini dibuat oleh Raymond Lewis Wildsmith dengan nama “Wildsmith Loafer”. Lambat laun sepatu ini semakin dikenal dan meraih ketenaran di awal tahun 1960an. Pada akhirnya, loafer memiliki beragam desain yang apik. 

Seperti halnya sepatu brogue, loafer sangat cocok dengan gaya smart formal dan smart-casual. Untuk pilihan warna, warna beige, coklat muda, atau sawo matang yang mudah dipadukan dengan warna lain. Loafer cocok digunakan dengan kemeja button-up dan celana Chino, atau celana dengan bahan linen, dan katun ringan.

Oxford

Sepatu Oxford muncul pertama kali di Skotlandia dan Irlandia dan biasa disebut dengan Barmorals. Oxford kemudian meraih popularitas di Universitas Oxford pada tahun 1800 hingga akhirnya memperoleh sebutan yang sama dengan nama universitas tersebut.

Oxford merupakan salah satu sepatu wajib untuk kamu yang ingin berpenampilan klasik dan resmi, hal ini karena bentuknya yang sederhana dan permukaannya yang mulus .

Meskipun saat ini banyak variasi sepatu dengan desain klasik, disarankan para pria memilih sepatu kulit model Oxford berwarna hitam dengan cap toe sebagai koleksi wajib. Karena, dapat mudah dipadankan dengan berbagai jenis warna baju.

Membeli sepasang sepatu Ekuator sama saja seperti berinvestasi. Selain sebagai penunjang penampilanmu untuk terlihat stylish. Dengan kualitas sepatu Ekuator yang bagus, dan sole yang dapat di resole tanpa merusak upper shoes. Sepatu Ekuator dapat menemani perjalanan hidupmu dengan waktu yang lama.

Spread the love